Tidak diragukan lagi bahwa olahraga itu baik untuk tubuh, dan ada semakin banyak bukti bahwa tetap aktif secara fisik dapat membantu memperlambat penurunan fungsi otak yang normal seiring dengan bertambahnya usia. Kelompok-kelompok kesehatan menyarankan agar orang dewasa mencoba untuk mendapatkan setidaknya 150 menit kegiatan sedang hingga intens seminggu untuk menjaga kesehatan jantung mereka - tetapi apakah itu jumlah yang sama yang diperlukan untuk menjaga otak tetap tajam?

Dalam sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Neurology: Clinical Practice, para peneliti yang dipimpin oleh Joyce Gomes-Osman, asisten profesor dalam terapi fisik dan neurologi di Fakultas Kedokteran Universitas Miami Miller, melakukan penelitian untuk mencari resep latihan otak. Dia dan rekan-rekannya menyeleksi hampir 100 penelitian yang ada yang memiliki keterkaitan antara latihan dengan lebih dari 122 tes fungsi otak yang berbeda. Berdasarkan data yang mencakup lebih dari 11.000 orang yang lebih tua, mereka menemukan bahwa orang yang berolahraga sekitar 52 jam selama periode sekitar enam bulan menunjukkan peningkatan terbesar dalam berbagai tes pemikiran dan kecepatan. Rata-rata, orang berolahraga selama satu jam, tiga kali seminggu. Dan efeknya diterapkan pada kedua orang tanpa penurunan kognitif serta mereka dengan gangguan kognitif ringan atau demensia.

"Saya tidak berpikir 52 jam adalah angka ajaib," kata Gomes-Osman. “Benar-benar ada kisaran. Tetapi saya berpikir bahwa hasil ini menunjukkan kepada kita bahwa untuk mendapatkan manfaat latihan yang diketahui bagi otak, untuk membantu area yang terlibat dalam pemikiran dan pemecahan masalah - untuk membuat mesin itu bekerja, Anda membutuhkan paparan yang lebih lama [untuk berolahraga]. Itu semua adalah proses mekanistik yang membutuhkan waktu untuk berkembang. ”

Orang-orang dalam penelitian ini menunjukkan peningkatan yang paling kuat dalam kemampuan mereka untuk memecahkan masalah dan memproses informasi. Efeknya tidak begitu kuat dalam tes memori, tetapi Gomes-Osman mencatat bahwa fungsi otak yang paling kompleks, dari penalaran dan kecepatan pemrosesan untuk mengingat, terkait. “Ada tumpang tindih antara kemampuan mengatur waktu, memperhatikan, dan melakukan tugas-tugas memori,” katanya. Dalam penelitian selanjutnya, dia berharap untuk masuk ke dalam beberapa hal yang tampaknya paling sensitif terhadap efek olahraga.

Yang mengejutkan para peneliti adalah bahwa satu-satunya korelasi yang kuat antara latihan dan fungsi otak terjadi ketika mereka melihat keseluruhan waktu yang dihabiskan orang untuk aktif secara fisik. Mereka tidak menemukan hubungan antara perbaikan dalam berpikir dan frekuensi, intensitas atau lamanya waktu yang dilakukan orang. “Saya memiliki pola pikir [masuk ke dalam studi] bahwa menit mingguan yang dihabiskan untuk berolahraga adalah sesuatu yang sangat membantu, karena kami tahu itu penting untuk pedoman untuk kesehatan fisik oleh Pusat Pengendalian Penyakit dan Asosiasi Jantung Amerika,” kata Gomes-Osman. "Tapi saya terkejut melihat bahwa itu tidak."

Itu dapat lebih mendukung gagasan bahwa untuk kesehatan otak, keseluruhan dan efek kumulatif dari aktivitas fisik adalah yang penting. Hal ini menunjukkan bahwa olahraga mempengaruhi otak dalam berbagai cara yang berbeda, untuk menjaga jaringan saraf otak yang mulai menurun seiring bertambahnya usia, meningkatkan fungsi saraf dan meningkatkan aliran darah ke sel otak, serta mendorong produksi faktor pertumbuhan. untuk membantu sel-sel yang terlibat dalam tugas berpikir tingkat yang lebih tinggi.

"Hasil ini membantu kami mendapatkan sedikit lebih dekat ke saran yang sangat praktis," kata Gomes-Osman. Baginya, pencarian resep latihan untuk otak yang sehat adalah pribadi. Kakeknya meninggal dengan penyakit Alzheimer, dan dia sadar bahwa keluarganya membawa beberapa kerentanan genetik untuk mengembangkan kondisi neurodegeneratif. "Apa yang bisa saya katakan kepada kakek saya tentang olahraga?" Katanya. "Dan kapan aku bisa melakukannya?"

Penelitian saat ini termasuk berbagai jenis latihan: aerobik (yang didukung oleh penelitian paling banyak tentang hubungannya dengan otak), latihan beban dan aktivitas pikiran-tubuh seperti tai chi. Dia berharap untuk mempelajari lebih lanjut tentang jenis olahraga apa yang paling bermanfaat bagi otak, serta bagaimana gerakan itu harus didistribusikan dalam hitungan menit, jam dan hari. Informasi itu suatu hari nanti dapat membantu orang menjadi lebih proaktif tentang menghindari kemunduran kognitif, dan bahkan dapat membantu untuk mencegah beberapa masalah otak yang terkait dengan penyakit degeneratif yang lebih parah seperti demensia dan Alzheimer.

“Olahraga adalah hal yang sangat luar biasa bagi otak,” katanya. “Kita perlu belajar lebih banyak, karena kita tidak memiliki yang lebih baik saat ini untuk memerangi penurunan kognitif.”

JL. Moch Toha No. 77 Bandung 40253, Indonesia, Tel. 022 5203122 ; 5201501 ext. 3175