A. Penambahan/Pengurangan Data Peserta

  • 1. Peserta Penerima Bantuan (PBI) Dilakukan setelah adanya usulan dari Kementerian Kesehatan RI yang ditetapkan melalui Surat Keputusan dari Kementerian Sosial RI.
  • 2. Peserta Pekerja Penerima Upah Penambahan/pengurangan peserta dapat dilakukan secara kolektif maupun perorangan, dengan mendatangani Kantor Cabang/Kantor Kabupaten BPJS Kesehatan.
  • 3. Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)
    • a. Penambahan/pengurangan peserta dapat dilakukan secara kolektif maupun perorangan, dengan mendatangani Kantor Cabang/Kantor Kabupaten BPJS Kesehatan
    • b. Status anggota keluarga akan aktif setelah pembayaran iuran pertama paling cepat 14 hari dan paling lambat 30 hari setelah pendaftaran.
  • 4. Meninggal Dunia
    Anggota keluarga yang mewakili melaporkan ke Kantor Cabang/Kantor Kabupaten BPJS Kesehatan dengan melampirkan surat keterangan kematian peserta dari desa/kelurahan dan Kartu Indonesia Sehat.

B. Perubahan Data Peserta

  • 1. Perubahan Alamat
    • a. Mengisi formulir daftar isian perubahan data peserta, dengan melampirkan :
      • 1) Kartu Identitas Peserta;
      • 2) Kartu Tanda Penduduk elektronik/Kartu Keluarga;
      • 3) Surat Keterangan dari kelurahan setempat;
      • 4) Untuk peserta PBI menunjukkan dokumen pengesahan dari lurah/kepala desa.
    • b. Perubahan dapat dilakukan di Kantor Cabang/Kantor Kabupaten, Mobile Customer Service (MCS), Care Center 1500400, Website, dan JKN Mobile.
  • 2. Perubahan Nama, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin dan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
    • a. Mengisi formulir daftar isian perubahan data peserta, dengan melampirkan :
      • 1) Kartu Identitas Peserta; dan
      • 2) Kartu Tanda Penduduk Elektronik/Kartu Keluarga
    • b. Perubahan dapat dilakukan di Kantor Cabang/Kantor Kabupaten, Mobile Customer Service (MCS), Care Center 1500400, dan JKN Mobile.
  • 3. Perubahan Kelas Rawat/Golongan
    • a. Peserta Pekerja Penerima Upah
      • 1) Perubahan kelas rawat/golongan mengikuti perubahan gaji/upah dengan menunjukkan SK Kepegawaian terakhir.
      • 2) Perubahan dapat dilakukan di Kantor Cabang / Kantor Kabupaten.
    • b. Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)
      • 1) Dapat dilakukan setelah 1 (satu) tahun.
      • 2) Kelas Perawatan mengacu pada kelas perawatan kepala keluarga (peserta)
      • 3) Dapat dilakukan setelah mendaftarkan seluruh anggota keluarga inti yang terdapat dalam Kartu Keluarga.
      • 4) Dapat dilakukan di Kantor Cabang / Kantor Kabupaten, Mobile Customer Service (MCS), Care Center 1500400, dan JKN Mobile.
  • 4. Perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama
    • a. Perubahan dapat dilakukan dalam jangka waktu setelah 3 (tiga) bulan peserta terdaftar di Fasilitas KesehatanTingkat Pertama sebeleumnya.
    • b. Perubahan dapat dilakukan di Kantor Cabang/Kantor Kabupaten, Mobile Customer Service (MCS), Care Center 1500400, dan JKN Mobile.

JL. Moch Toha No. 77 Bandung 40253, Indonesia, Tel. 022 5203122 ; 5201501 ext. 3175